Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Pedoman Wawancara | DuniaSaja

Pedoman Wawancara

Sebelum melakukan wawancara, seseorang peneliti memerlukan panduan wawancara yang dapat
dipergunakan untuk membantu mengarahkan pembicaraan ke topik penelitian dan rumusan masalah yang ingin
yang akan dipelajari. Panduan wawancara bervariasi dari yang ditulis dengan sangat rinci hingga relatif longgar,
tetapi itu semua pada dasarnya adalah untuk: membantu Anda mengetahui apa yang harus ditanyakan, dalam
urutan seperti apa, bagaimana Anda mengajukan pertanyaan, dan bagaimana mengajukan tindak lanjut.
Penjelasan ini setidaknya memberikan panduan tentang apa yang harus dilakukan atau dikatakan selanjutnya,
setelah orang yang Anda wawancarai menjawab pertanyaan terakhir.
1. Pengertian
Pedoman wawancara digunakan untuk mengigatkan peneliti mengenai aspek-aspek yang harus
dibahas, sekaligus menjadi daftar pengecekan (checklist) apakah aspek-aspek relevan tersebut telah dibahas
atau ditanyakan.
Dalam penelitian, wawancara sangat berguna untuk mendapatkan cerita di balik pengalaman partisipan
penelitian. Pewawancara dapat mengejar informasi mendalam tentang suatu topik. Wawancara dapat
bermanfaat sebagai tindak lanjut terhadap responden tertentu terhadap kuesioner, misaslnya untuk menyelidiki
lebih lanjut tanggapan mereka.
Sebelum Anda mulai merancang pertanyaan dan proses wawancara, jelaskan untuk diri sendiri masalah
atau kebutuhan apa yang harus diatasi dengan menggunakan informasi yang akan dikumpulkan oleh
wawancara. Ini membantu Anda tetap fokus pada maksud dari setiap pertanyaan.
Pengertian Wawancara Menurut Para Ahli
Adapun definisi wawancara menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;
1. Robert Kahn dan Channel, Wawancara ialah pola khusus dari interaksi dimulai secara lisan untuk tujuan
tertentu, dan difokuskan pada daerah konten yang spesifik, dengan proses eliminasi dari bahan-bahan yang
tidak ada hubungannya secara berkelanjutan.
2. Koentjaraningrat, Wawancara dapat didefinisikan sebagai cara yang digunakan untuk tugas tertentu,
mencoba untuk mendapatkan informasi dan secara lisan pembentukan responden, untuk berkomunikasi
tatap muka.
3. Denzig, Wawancara dipandu dan rekaman pembicaraan atau tatap muka percakapan di mana seseorang
mendapat informasi dari orang lain.
4. Sutrisno Hadi ( 1989), Wawancara ialah proses pembekalan verbal, di mana dua orang atau lebih untuk
menangani secara fisik, orang dapat melihat mukayang orang lain dan mendengarkan suara telinganya
sendiri, ternyata informasi langsung alatpemgumpulan pada beberapa jenis data sosial, baik yang
tersembunyi (laten) atau manifest.
5. Lexy J Moleong (1991:135), Wawancara merupakan percakapan dengan tujuan tertentu. Dalam metode
ini peneliti dan responden berhadapanlangsung (tatap muka) untuk mendapatkan informasi secara lisan
dengan mendapatkandata tujuan yang dapat menjelaskan masalah penelitian.
2. Tujuan Wawancara
Menurut Zainal (2010) tujuan wawancara adalah sebagai berikut:

 Untuk memperoleh informasi secara langsung guna menjelaskan suatu hal atau situasi dan kondisi
tertentu.
 Untuk melengkapi suatu penyelidikan ilmiah.
 Untuk memperoleh data agar dapat memengaruhi situasi atau orang tertentu.
3. Bentuk Pedoman Wawancara
Terdapat bermacam-macam jenis wawancara yang dapat dilakukan, antara lain:
1. Wawancara informal dengan pendekatan percakapan – tidak ada pertanyaan yang telah ditentukan,
perbincangan dibiarkan terbuka tapi tetap disesuaikan dengan sifat dan prioritas orang yang
diwawancarai; selama wawancara, pewawancara “mengikuti arus”.
2. Wawancara dengan pendekatan panduan umum – pendekatan panduan ini dimaksudkan untuk
memastikan bahwa bidang informasi umum yang sama dikumpulkan dari setiap orang yang
diwawancarai; ini memberikan lebih banyak fokus daripada pendekatan percakapan, tetapi masih
memungkinkan tingkat kebebasan dan kemampuan beradaptasi dalam mendapatkan informasi dari yang
diwawancarai.
3. Wawancara standar dan terbuka – di sini, pertanyaan terbuka yang sama ditanyakan kepada semua orang
yang diwawancarai (pertanyaan terbuka adalah di mana responden bebas memilih bagaimana menjawab
pertanyaan, yaitu, mereka tidak memilih “ya” atau “tidak” atau berikan peringkat numerik, dll.);
pendekatan ini memfasilitasi wawancara yang lebih cepat yang dapat lebih mudah dianalisis dan
dibandingkan.
4. Wawancara tertutup dengan respons tetap – di mana semua yang diwawancarai ditanyai pertanyaan
yang sama dan diminta untuk memilih jawaban dari sekumpulan alternatif yang sama. Format ini
bermanfaat bagi mereka yang tidak berlatih dalam wawancara.
Sedangkan berdasarkan jenis topik yang dapat ditanyakan dalam wawancara, Patton mencatat enam
jenis pertanyaan. Orang dapat bertanya tentang:
1. Perilaku – tentang apa yang telah atau sedang dilakukan seseorang
2. Opini/nilai-tentang apa yang dipikirkan seseorang tentang suatu topik
3. Perasaan- perhatikan bahwa responden terkadang merespons dengan “Saya pikir ...” jadi berhati-hatilah
untuk mencatat bahwa Anda mencari perasaan
4. Pengetahuan- untuk mendapatkan fakta tentang suatu topic
5. Sensori- tentang apa yang orang lihat, sentuh, dengar, cicipi atau cium
6. Latar belakang / demografi – pertanyaan latar belakang standar, seperti usia, pendidikan, dll.

7. Proses Penyusunan Pedoman Wawancara
Panduan wawancara yang baik perlu mengakui empat fakta penting dari interaksi sosial manusia yang
memengaruhi apa yang orang mungkin katakan kepada Anda. Keempat fakta tersebut antara lain:
1. Pertanyaan Penelitian bukan Pertanyaan Wawancara
Fakta penting pertama dari wawancara adalah bahwa pertanyaan penelitian tidak sama dengan
pertanyaan wawancara. Pertanyaan penelitian Anda menjelaskan masalah yang ingin Anda pelajari, tetapi Anda
jarang bisa belajar tentang identifikasi masalah itu dengan mengajukan pertanyaan literal kepada orang lain.

Jika Anda ingin mengetahui mengapa siswa saling menindas, Anda tidak bisa hanya bertanya kepada
mereka, “Mengapa Anda menggertaknya” atau “Mengapa Anda pikir dia menggertak Anda?” Pertanyaan
penelitian biasanya terlalu luas untuk dijadikan sebagai pertanyaan wawancara yang produktif.
Setelah Anda memiliki pertanyaan penelitian, Anda harus menyusun rencana pengumpulan data yang
akan membantu Anda mengumpulkan bukti yang kredibel, atau petunjuk, yang relevan dengan pertanyaan
penelitian Anda. Panduan wawancara Anda adalah rencana pengumpulan data Anda.
2. Jika Anda Bertanya, Mereka Akan Menjawab
Fakta penting kedua tentang wawancara adalah bahwa orang akan menjawab pertanyaan yang Anda
ajukan kepada mereka, bahkan jika mereka tidak pernah benar-benar berpikir banyak tentang topik Anda.
Jika mereka setuju untuk diwawancarai, mereka akan terus berusaha membantu dengan menawarkan apa

pun yang mereka bisa tentang topik Anda, bahkan jika itu berarti menciptakan jawaban atau membesar-
besarkan seberapa banyak mereka memikirkan pertanyaan Anda.

Ini berarti bahwa “bukti” yang Anda kumpulkan mungkin tidak secara akurat mencerminkan pandangan
nyata. Jadi, Anda perlu memikirkan cara untuk mengajukan pertanyaan yang tidak mendapatkan respons yang
terlalu membantu.
Salah satu strategi yang banyak membantu adalah memiliki koleksi probe yang siap digunakan sesuai
kebutuhan. Penyelidikan adalah pertanyaan lanjutan, yang dirancang untuk membuat orang yang diwawancarai
menjelaskan atau menguraikan apa yang baru saja dikatakannya.
3. Teori Pendukung Berbeda dari Teori yang Digunakan
Fakta penting ketiga yang berkaitan dengan wawancara adalah bahwa orang-orang memiliki dua set ide
tentang dunia: Teori-teori yang mereka anut dan landasan teori-teori yang mereka gunakan. Teori-teori
pendukung adalah hal-hal yang mereka yakini, meskipun mereka mungkin tidak selalu bertindak berdasarkan
keyakinan itu.
Teori-teori yang digunakan adalah ide-ide yang sebenarnya memandu tindakan sehari-hari mereka.
Pikirkan tentang orang yang mencintai sesame manusia tetapi tidak tahan dengan tetangganya, atau guru yang
percaya semua anak dapat belajar kecuali dua siswa tertentu di kelasnya.
Fakta ini menciptakan masalah untuk wawancara Anda. Tugas Anda adalah mempelajari teori-teori
mereka yang digunakan, tetapi mereka mungkin tidak menyadarinya. Sebagai gantinya, mereka akan
menawarkan Anda teori-teori yang dianut mereka.
Cara terbaik untuk mempelajari teori yang digunakan adalah dengan bertanya tentang contoh konkret daripada
tentang prinsip-prinsip umum.
1. Wawancara adalah Acara Sosial
Fakta penting keempat tentang wawancara adalah bahwa itu adalah acara sosial, dan Anda tidak dapat
menghindari interaksi sosial yang terjadi selama wawancara. Ada dua sisi dalam hal ini. Di satu sisi, orang yang
diwawancarai ingin mengedepankan yang terbaik. Dia akan ingin dianggap sebagai perhatian, bijaksana, masuk
akal, atau dibenarkan.
Di sisi lain, hampir semua hal tentang Anda menyampaikan pesan sosial kepada orang yang Anda
wawancarai. Pakaian dan perilaku Anda menunjukkan posisi Anda dalam kehidupan dan mungkin juga sikap
sosial Anda.

Terlepas dari apakah mereka menganggap Anda sebagai pendidik, liberal, pembela anak, atau
akademisi, mereka akan menyesuaikan apa yang mereka katakan agar lebih dapat diterima oleh orang yang
mereka lihat sebagai audiens mereka.
Anda dapat menambah atau mengurangi kecenderungan ini dengan perilaku Anda. Ekspresi wajah
Anda, anggukan kepala, dan verbal “um-hmm” menyampaikan persetujuan atau ketidaksetujuan atas apa yang
dikatakan orang yang diwawancarai.
Jika Anda menanggapi secara efektif beberapa hal yang mereka katakan, Anda akan mendorong lebih
banyak hal itu dalam tanggapan mereka. Jika Anda mengerutkan alis Anda, mengungkapkan simpati dengan
keadaan mereka, Anda mendorong mereka untuk mengambil posisi itu.
Tahapan Pedoman Wawancara
Berikut ini tahapan dalam melakukan wawancara:
1. Persiapan untuk Wawancara
Dalam tahapan persiapan untuk memberikan wawancara, dianatarnya adalah sebagai berikut;
1. Pilih pengaturan dengan sedikit gangguan. Hindari lampu terlalu terang atau suara terlalu keras, pastikan
orang yang diwawancarai nyaman (Anda mungkin bisa bertanya kepada mereka), dan lain-lain.
Seringkali, mereka mungkin merasa lebih nyaman di tempat kerja atau rumah mereka sendiri.
2. Jelaskan tujuan wawancara.
3. Perhatikan persyaratan kerahasiaan. Perhatikan ketentuan kerahasiaan apa pun. Jelaskan siapa yang akan
mendapatkan akses ke jawaban mereka dan bagaimana jawaban mereka akan dianalisis. Jika komentar
mereka digunakan sebagai kutipan, dapatkan izin tertulis dari mereka untuk melakukannya.
4. Jelaskan format wawancara. Jelaskan jenis wawancara yang Anda lakukan beserta Jika Anda ingin
mereka mengajukan pertanyaan, tentukan apakah mereka akan melakukannya sesuai keinginan mereka
atau tunggu sampai akhir wawancara.
5. Tunjukkan berapa lama biasanya wawancara berlangsung.
6. Beri tahu mereka cara menghubungi Anda nanti jika mereka mau.
7. Tanyakan kepada mereka apakah mereka memiliki pertanyaan sebelum Anda berdua memulai
wawancara.
8. Jangan mengandalkan ingatan Anda untuk mengingat jawaban mereka. Minta izin untuk merekam
wawancara atau bawalah seseorang untuk membuat catatan.
2. Melakukan Wawancara
Untuk tapan pada proses melakukan wawancara, antara lain terdiri atas beragam hal. Dinataranya;
1. Kadang-kadang verifikasi melalui perekaman dengan tape recorder (jika digunakan) dapat berfungsi.
2. Ajukan satu pertanyaan sekaligus.
3. Berusahalah untuk senetral mungkin. Artinya, jangan menunjukkan reaksi emosional yang kuat terhadap
respons mereka. Patton menyarankan untuk bertindak seolah-olah “Anda sudah mendengar semuanya
sebelumnya.
4. Dorong respons dengan anggukan kepala sesekali.
5. Hati-hati dengan penampilan saat mencatat. Artinya, jika Anda melompat untuk membuat catatan, itu
mungkin tampak seolah-olah Anda terkejut atau sangat senang dengan jawaban, yang dapat
memengaruhi jawaban untuk pertanyaan di masa depan.
6. Menyediakan transisi antara topik utama, mis., “Kami telah membicarakan (beberapa topik) dan
sekarang saya ingin beralih ke (topik lain).”

7. Jangan kehilangan kendali atas wawancara. Hal ini dapat terjadi ketika responden menyimpang ke topik
lain, membutuhkan waktu lama untuk menjawab pertanyaan sehingga waktu mulai habis, atau bahkan
mulai mengajukan pertanyaan kepada pewawancara.
3. Setelah Wawancara
Sedangkan setelah terjadi proses wawancara, seharusnya melakukan beragam hal. Antara lain adalah sebagai
berikut;
1. Pastikan apakah tape recorder, jika digunakan, berfungsi sepanjang wawancara.
2. Buat catatan apa pun pada catatan tertulis Anda, misalnya, untuk mengklarifikasi goresan apa pun,
memastikan halaman diberi nomor, mengisi semua catatan yang tidak masuk akal, dan lain-lain.
3. Tuliskan pengamatan yang dilakukan selama wawancara. Misalnya, di mana wawancara itu terjadi dan
kapan, apakah responden sangat gugup setiap saat? Apakah ada kejutan selama wawancara? Apakah
tape recorder rusak?
Contoh Singkat Pedoman Wawancara
Berikut ini merupakan contoh pedoman wawancara untuk masyarakat di sekitar kawasan wisata dalam metode
penelitian, yang sehingga dapat membantu para pembaca memahaminya. Antara lain;
Judul Penelitian
“Kajian Spasial-Temporal Perkembangan Mangrove Center Tuban Dalam Memproduksi Ruang Untuk
Ekowisata Berbasis Masyarakat di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Tahun 2010-2017”
1. Apakah yang Bapak/Ibu/Saudara ketahui tentang wisata?
2. Bagaimana potensi di obyek wisata ini?
1. Atraksi Wisata
Atraksi apasaja yang dalam wisata?
1. Bagaimana keindahan panorama?
2. Bagaimana kondisi kebersihan obyek wisata?
3. Ragam kegiatan apa saja yang dapat dilakukan?
4. Bagaimana kondisi ketersediaan dan kemudahan memperoleh air, serta berapa jarak sumber air?
5. Adakah atraksi yang merupakan kearifan lokal masyarakat setempat?
2. Aktivitas Wisata
Aktivitas apa saja yang dapat di lakukan wisatawan di obyek wisata ini?
1. Kesenian
2. Ritual budaya
3. Konservasi dan Edukasi tentang lingkungan
4. Lain-lain
3. Aksesbilitas
1. Berapa jarak antara obyek wisata dengan kota kabupaten?
2. Bagaimana kondisi jalan menuju obyek wisata?

3. Sarana angkutan apa saja yang dapat digunakan untuk menuju obyek wisata?.
Jawaban yang diberikan a) Jalan kaki; b) Roda dua; c) Pribadi, roda empat; d) Umum, roda empat; e)
Lain-lain
4. Amenitas
Bagaimana ketersediaan dan kondisi sarana dan prasarana yang ada di kawasan wisata?
1. Bagaimana upaya pengelola wisata dalam memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola
wisata?
2. Bagaimana upaya pengelola wisata dalam memberikan edukasi tentang lingkungan kepada masyarakat
untuk ikut serta menjaga kondisi lingkungan wisata?
3. Bagaimana partisipasi Bapak/Ibu/Saudara dalam pengembangan wisata di Kecamatan Jenu?
4. Bagaimana pendapat Bapak/Ibu/Saudara tentang dampak positif dan negatif adanya wisata?
5. Bagaimana imajinasi/harapan Bapak/Ibu/Saudara terhadap pengembangan wisata di Kecamatan Jenu?
Itulah tadi serangkain artikel yang sudah kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait
dengan pengertian pedoman wawancara menurut para ahli, proses, tahapan, dan contohnya secara singkat.
Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta pemahaman.

C. CONTOH SOAL
1. Wawancara adalah bagian metode penelitian dari ?
A. Kuantitatif C. Kualitatif
B. Obsevasi lapangan D. Study pustaka
2. Siapakah Yang Layak untuk di wawancara?
A. Audiens yang hendak di jadikan terkait penelitian C. Siapa saja
B. Semua makhluk hidup D. Semua benar
3. Apakah bisa wawancara di lakukan secara daring/online
A. Tidak bisa C. Bisa
B. Dilarang D. Di haramkan
4. Bagai mana sikap kita terhadap orang yang akan di wawancara?
A. Biasa saja C. Sok pintar
B. Marah-marah D. menyesuaikan diri dengan ke adaan orang yang hendak di wawancara

5. jika orang yang di wawancara itu menjawab pertanyaan dengan bohong bagaimana sikap yang dilakukan
sebagai seorang peneliti?
A. Balas dendam C. Marah – marah
B. Mencaci maki balik D. Semua salah
JAWABAN
1. C. Kualitatif
2. A. Audiens yang hendak di jadikan terkait penelitian
3. C. Bisa
4. D. menyesuaikan diri dengan ke adaan orang yang hendak di wawancara
5. D. Semua salah

Posting Komentar

0 Komentar

Best Trekking 2-3 day Ketambe Adventure | ketambeadventure.com